Selasa, 03 Februari 2015

14 Trik Mental yang Membantu Anda Memerangi Depresi

14 Trik Mental yang Membantu Anda Memerangi Depresi
Anda mungkin sangat sensitif terhadap apa yang orang lain katakan dan lakukan jika Anda merasa down, tapi ingat bahwa menutup diri  hanya akan membuat Anda merasa lebih buruk. Bertemu seorang teman untuk minum kopi , atau mendapatkan udara segar, hanya dapat membantu kerangka pikiran Anda. Anda juga tidak perlu takut untuk mengunjungi pusat-pusat rehabilitasi depresi atau berbicara dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin seseorang yang dapat Anda percaya untuk berbicara .
Mereka juga mungkin dapat mengarahkan Anda ke arah yang benar untuk mengobati depresi. Jangan biarkan diri Anda menikmati pikiran bahwa Anda berbeda atau kurang dari orang lain. Semua orang berjuang , dan depresi Anda tidak mendefinisikan siapa Anda.

Jangan biarkan diri Anda menjadi korban
Meyakinkan diri sendiri bahwa Anda  adalah korban salah satu dari banyak gejala penyakit depresi. Sekarang adalah waktu untuk menjadi kuat. Jangan biarkan diri Anda jatuh ke dalam perangkap korban. Jika Anda merasa rendah, sangat mudah untuk terjebak dan percaya bahwa hal-hal buruk yang terjadi karena Anda. Jangan biarkan diri Anda untuk percaya bahwa Anda korban. Anda memiliki kekuatan untuk memilih bagaimana Anda bereaksi terhadap masalah.

Jangan takut untuk berpura-pura
Bagaimana Anda menangani depresi dengan cara ilmiah?
Ilmu pengetahuan menunjukkan bahkan jika Anda tidak bahagia lalu mencoba untuk tersenyum walau itu berpura-pura, Anda akan dibuatnya sedikit lebih baik karena itu semua bahan kimia dalam otak Anda akan membuatnya sedikit lebih baik.
 Jika membuat diri Anda untuk tersenyum berpura-pura agak susah, maka cobalah lagi, lagi dan lagi karena cara ini sudah di uji secara ilmiah.

Jangan menganggapnya sebagai bencana
Berhenti berpikir tentang skenario buruk, dan semua hal yang mungkin membuat depresi tersebut smua berawal dari kesalahan Anda. Sebaliknya, lihatlah kebelakang dan lihatlah bahwa hidup ini realistis. Dunia tidak akan berakhir. Katakan pada diri sendiri ( dengan keras) bahwa Anda akan memiliki hari yang lebih baik.

Jangan lupa untuk bersyukur
Depresi berat dan kecemasan dapat membuat Anda merasa seolah-olah Anda tidak memiliki apa-apa lagi. Ketika Anda mengingatnya, mungkin terdengar egois. Ini bukan salahmu, Itulah adalah realita hidup.
Selalu untuk bersyukur atas apa yang terjadi dan ini  dapat membantu depresi, hal ini mungkin sulit untuk Anda lakukan, namun percayalah Anda pasti bisa, salah satu cara terbaik yakni :
Lihatlah orang-orang lain yang lebih susah dari Anda, ini akan membuka pikiran jernih bahwa ternyata Anda masih lebih baik dari keadaan mereka tapi hebatnya mereka bisa hidup dengan tenang.


Dapatkan beberapa perspektif.
Jika Anda berpikir depresi Anda telah dipicu oleh peristiwa tertentu atau di tempat tertentu, pastikan Anda tidak mengingat kembali hal-hal di luar proporsi dan juga hindari tempat yang membuat Anda mengingat segala sesuatu yang memicu depresi. Obrolan dengan teman yang peduli dapat membantu Anda untuk melihat jalan keluar. Tidak ada yang memalukan jika Anda harus bercerita pada teman terdekat Anda, berbagilah dengan mereka, karena kemungkinan besar mereka bisa memberikan Anda jalan keluar. Pergilah ketempat berbeda untuk menenangkan diri.

Jangan biarkan diri Anda lebih-menganalisis.
Salah satu trik untuk mengobati depresi secara alami yakni tidak membiarkan diri untuk menganalisis situasi. Ini salah satu dari banyak gejala depresi, alih-alih akan keluar dari masalah, malah akan memperburuk keadaan.
Jadi STOP menganalisa Penyebab utama Anda mengalami depresi

Jangan biarkan diri Anda memikirkan masa lalu.
Studi menunjukkan bahwa depresi berfokus pada masa lalu Anda adalah salah satu cara yang paling umum untuk memicu depresi Anda. Ini benar-benar sia-sia untuk khawatir tentang masa lalu, karena Anda tidak dapat mengubahnya. Hal terbaik tentang masa lalu adalah bahwa itu sudah berakhir. Biarkan diri Anda untuk melanjutkan hidup baru.

Jangan lupa untuk fokus pada pikiran positif
Ini adalah hal yang paling menantang untuk dilakukan ketika Anda menderita depresi berat. Ini adalah salah satu hal pertama yang Anda harus coba. Sadarilah bahwa suasana hati Anda mungkin mempembesar-hal buruk dalam hidup, dan Anda mungkin menemukan diri Anda berfokus pada hal yang negatif. Sebaliknya, carilah apa yang baik dalam situasi, bahkan jika itu hanya sebuah pelajaran atau kesempatan untuk tumbuh lebih kuat.
Selalu bersikap baik kepada diri sendiri
Ketika orang merasa buruk, mereka kadang-kadang berbicara sendiri , dan memukul diri. Adalah penting bahwa harus tahu depresi adalah penyakit dan penderitaan itu bukan salahmu. Tidak peduli apa yang dokter, orang tua, atau bahkan orang asing katakan pada Anda, Anda tidak bersalah. Tak seorang pun akan memilih untuk mengalami depresi. Apa yang Anda butuhkan sekarang adalah teman, bukan musuh. Pastikan kata-kata dan perbuatan yang lembut dan mendorong.

Jangan khawatir tentang masa depan
Jangan buang-buang waktu mengkhawatirkan tentang masa depan, terutama karena Anda tidak tahu bagaimana hal-hal bisa berubah. Sebaliknya, Ambillah langkah-langkah positif sekarang, sehingga Anda dapat menangani kehidupan pada masa depan. Anda telah berhasil sejauh ini dalam hidup, sehingga Anda seharusnya tidak memiliki keraguan bahwa Anda dapat menangani apa pun yang datang dengan cara Anda

Hindari pemikiran hitam-putih.
Ketika Anda menderita depresi berat, pikiran Anda bergoyang ke arah pemikiran hitam-putih. Jika ada sesuatu yang tidak beres, atau Anda membuat satu kesalahan, itu tidak berarti bahwa seluruh hidup Anda ditakdirkan, atau bahwa Anda tidak baik.

Berhenti merenungkan
Banyak suasana hati yang buruk yang diperparah dengan kenyataan bahwa Anda terus berpikir tentang mereka, dan mengasihani diri sendiri. Berhenti menjadi begitu peduli dengan apa yang Anda rasakan. Anda tidak akan pernah mengubah hal-hal, malah akan terjebak didalamnya - Ambil tindakan sebaliknya, untuk membuat hal-hal yang lebih baik.

Bersosialisasilah.
Membantu orang lain adalah cara yang mengagumkan untuk mengambil fokus dari diri sendiri dan mulai mengurangi bagaimana perasaan Anda. Membantu orang lain akan membuat Anda menjadi lebih baik, jadi itu adalah trik mental  untuk mengangkat suasana hati Anda.
Semakin banyak berinteraksi dengan orang-orang disekitar, Anda akan mulai merasakan ternyata hidup itu begitu indah.

Dekatkan diri pada Tuhan
Jika semua langkah diatas hanya sedikit membantu tekanan dalam pikiran Anda, maka langkah terakhir dan ini  sangat direkomendasikan yakni dekatkanlah diri Pada Tuhan, beribadahlah lebih khusuk, lebih sering dan lebih Ikhlas.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar