Senin, 11 Agustus 2014

Cara Atasi Masalah Unduh | Kirim file media di WhatsApp

Cara Atasi Masalah Unduh | Kirim file media di WhatsApp
Tips berikut ini untuk Atasi masalah Unduh/kirim file pada Ponsel Android
Mengunduh atau mengirim file pada whatsapp kadang mengalami kesulitan bahkan tidak bisa sama sekali, ini bisa disebabkan beberapa hal. Namun dengan tips yang akan kami sajikan berikut ini kemungkinan besar bisa membantu Anda.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan

Sebelum mulai, pastikan bahwa ponsel Anda memiliki sambungan internet yang aktif dengan sinyal yang kuat. Cobalah membuka halaman web untuk memastikannya. Jika Anda merasa yakin bahwa ponsel Anda sudah tersambung (cobalah menyambungkan ke beberapa hotspot Wi-Fi yang berbeda dan/atau 3G).

Pastikan setelan waktu dan tanggal di ponsel Anda sudah benar. Jika tanggal di ponsel Anda tidak benar, Anda tidak akan dapat terhubung ke server whatsapp untuk mengunduh media Anda.

Terkadang WhatsApp mengalami kesulitan menyimpan file ke kartu SD. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengatasinya:
  1. Pastikan bahwa kartu SD Anda memiliki cukup ruang kosong. Jika kartu SD Anda penuh, WhatsApp tidak bisa menyimpan apa pun pada kartu itu, jadi Anda harus menghapus beberapa file untuk membuat ruang kosong.
  2. Pastikan bahwa kartu SD Anda tidak diatur ke mode "hanya baca". Coba simpan file yang bukan berasal dari WhatsApp ke kartu SD Anda. Jika file berhasil disimpan, kartu Anda berarti tidak dalam mode hanya-baca dan Anda seharusnya dapat menyimpan file yang diunduh dari WhatsApp.
    Jika tidak ada file yang bisa disimpan, kartu Anda berarti diatur untuk hanya bisa dibaca saja. Anda harus mengubah setelan ini, silakan lihat panduan pengguna ponsel Anda untuk mengetahui caranya.
  3. Jika kartu memiliki cukup ruang kosong dan Anda dapat menyimpan file ke kartu SD, namun masih belum bisa menyimpan file yang diunduh dari WhatsApp, Anda mungkin harus menghapus data WhatsApp dari kartu SD Anda:

    PERINGATAN: Tindakan ini akan menghapus SEMUA backup riwayat chatting WhatsApp dan file yang telah diunduh.
    • Ini adalah waktu yang tepat untuk membuat backup data WhatsApp Anda. Untuk membuat backup data WhatsApp, salin folder "WhatsApp" pada kartu SD ke komputer.
    • Buka folder kartu SD pada ponsel lalu hapus folder "WhatsApp". Semua media WhatsApp kini telah dihapus. WhatsApp masih bisa dibuka - dan chatting Anda akan tetap ada - namun media (foto, video, audio) Anda akan hilang.
    • Restart ponsel Anda.
    • WhatsApp seharusnya sudah bisa menyimpan file yang Anda unduh sekarang.
  4. Saat Anda memeriksa jika kartu SD ditetapkan ke mode hanya baca? Jika Anda tidak bisa menyimpan file apapun ke kartu itu, kemungkinan kartu SD Anda rusak. Jika ini yang terjadi, Anda mungkin perlu memformat ulang kartu SD tersebut. Ini artinya menghapus seluruh isi dan mengatur ulang kartu SD tersebut:
    PERINGATAN  Tindakan ini akan menghapus SEMUA data pada kartu SD Anda.
    • Setelah kartu SD Anda format, Anda tidak bisa mendapatkan data Anda kembali.
    • Jika bisa, buat backup untuk semua isi kartu SD. Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah dengan memasang kartu SD ke komputer yang memiliki pembaca kartu SD dan menyalin semua berkas ke komputer Anda.
    • Pada ponsel Android Anda, buka Setelan > Penyimpanan.
    • Jika opsi ini ada, ketuk Copot pemasangan kartu penyimpanan.
    • Ketuk Format kartu SD atau Hapus kartu SD.
    • Reboot (matikan lalu nyalakan) ponsel Anda.
Jika semua langkah di atas tidak membantu, kemungkinan kartu microSD Anda bermasalah. Anda mungkin perlu membeli kartu microSD yang baru untuk menyimpan/mengirim file.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar